Selasa, 09 November 2010

BAGIAN - BAGIAN BIOLA


Satu buah biola, terdiri dari:
* Kepala biola
Bagian paling atas dari biola. Bentuknya terkesan menggulung dan terukir rapi. Gunanya untuk memperkuat finger board dan sebagai tumpuan leher pasak.
* Kotak pasak
Berfungsi sebagai tempat 6 lubang pasak.
* Pasak
Untuk menggulung dan mengulur senar
* Baut
Berfungsi untuk mengaitkan senar
* Leher biola
Biasanya terbuat dari kayu mapel. Pada leher biola terdapat:
* Finger board(papan jari)
Dibuat dari kayu eboni. Kayu eboni dipilih karena sifatnya yang tahan lama, keras dan menawan.
* Sadel atas
Bentuknya berupa bejolan di bagian paling atas leher biola. Berguna untuk menahan senar biola dibagian atas.
* Badan biola(purfling)
Terdiri dari dua papan suara yang melengkung yang disatukan oleh kayu yang disebut iga biola yang dilem menggunakan lem binatang, embuh apa jenenge. Dipandang dari depan maupun belakang, badan biola menyerupai bentuk jam pasir.
* Lekukan C
Berguna memberi ruang pada Bow saat kita bermain agar dapat bebas dan gerakan tidak terbatas.
* Lubang berbentuk huruf f
Disebut demikian karena bentuknya menyerupai huruh f. Lubang suara ini digunakan sebagai lubang pertukaran udara dalam badan biola saat berasonansi dengan udara sekitar, dan mempengaruhi kelenturan suara biola.
* Jembatan biola
Jembatan biola dari kayu mapel. Berguna untuk menahan senar pada ketinggian tertentu dari finger board dalam bentuk melengkung agar senar dapat digesek sendiri-sendiri. Jembatan biola juga berguna untuk menghantarkan getasar suara ke badan biola agar dapat beresonansi.
* Senar
Biola terdiri dari empat buah senar. Senar paling rendah adalah G, kemudian yang lebih tinggi adalah senar D, selanjutnya A dan yang tertinggi E. Senar berfungsi untuk menghasilkan getaran suara pada biola. Senar biola berbeda dengan senar gitar. Senar khusus biola, mempunyai ukiran berbentuk kotak-kotak yang sangat kecil tapi lembut. Corak atau ukiran itu tidak begitu terlihat dan berguna supaya tangan pemain biola tidak tersayat pada saat bermain.
* Ekor biola
Berguna untuk mengaitkan ujung bawah senar yang dimasukkan kedalam masing-masing dari empat lubang. Di ekor biola terdapat:
· Penyetem tambahan
Digunakan untuk menyetem senar jika kekurangtepatan nada hanya sedikit. Biasanya hanya dipasang 2 penyetem saja. Tetapi jika ingin ditambah menjadi empat, tidak masalah asal tidak mengganggu.
* Pin dan tali
Berguna menahan ekor biola.
* Penyangga dagu
Letaknya bisa tersambung dengan ekor dan bisa terpisah di sebelah kiri. Berguna sebagau tempat tumpuan dagu saat bermain biola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar